kaligrafi

kaligrafi

Kamis, 25 April 2013


RENUNGAN UNTUK MUSLIM
UST. SARTONO
SATU KEHARUSAN
Bagi seorang muslim ada suatu keharusan, yaitu memfokuskan kehidupan ini hanya untuk Allah Subhanahu wata’ala, hidup dan mati hanya untuk Allah Rabb semesta alam. Syaikhul Islam Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata :
عَلاَمَةُ   صِحَّةِ  الاِراَدَةِ :
أَنْ يَكُونَ هَمُّ المُرِيْدِ رِضَا رَبِّهِ, وَاسْتِعْدَادَ لِلِقَائِهِ, وَحُزْنَهُ عَلَي وَقْتٍ مَرَّ فِي غَيْرِ مَرْضَاتِهِ, وَأَسَفَهُ عَلَي قَرْبِهِ وَالأُنْسَ بِهِ. وَجَمَاعُ ذَلِكَ أَنْ يُصْبِحَ وَيُمْشِيَ وَلَيْسَ لَهُ هَمٌّ غَيْرَهُ.
“Tanda-tanda benarnya keinginan adalah :
Yang dicari hanya ridlo Allah Subhanahu wata’ala, siap-siap untuk berjumpa dengan-Nya, gelisah atas waktu lewat yang tidak dipakai untuk ridlo-Nya, sedih tidak taqarrub kepada-Nya, dan merasa terhibur bila bersama dengan-Nya. Kesimpulan semua itu ialah : pagi dan sore tidak ada keinginan selain-Nya.”



Syaikh Ibrahim At Taimi berkata :
مَثـــَّلْتُ نَفْسِي فِي النَّارِ أُعَالِجُ أَغْلاَلَهَا وَسَعِيْرَهَا وآكُلُ مِنْ زَقُّوْمِهَا وَأَشْرَبُ مِنْ حَمِيْمِهَا.فَقُلْتُ ياَ نَفْسُ أَيُّ شَيْئٍ تَشْتـــَهِيْنَ؟ قَالَتْ أَرْجِعُ إلِيَ الدُّنـــْيَا أَعْمَلُ عَمَلاً أَنْجُو بِهِ مِنْ هَذَا اْلعَذَابِ.
و مَثـــَّلْتُ نَفْسِي فِي الْجَنَّةِ مَعَ حُوْرِهَا أَلْبَسُ مِنْ سُنْدُوْسِهَا وَاسْتــَبْرَقِهَا وَحَرِيْرِهَا. فَقُلْتُ ياَ نَفْسُ أَيُّ شَيْئٍ تَشْتـــَهِيْنَ؟ قَالَتْ أَرْجِعُ إلِيَ الدُّنـــْيَا فَأَعْمَلُ عَمَلاً اِزْدَادَ بِهِ مِنْ هَذَا الثـــَّـوَابِ. فَقُلْتُ الآنَ أَنـــْتِ فِي الدُّنـــْيَا وَفِي اْلأَمْنِيَّةِ.
“Aku umpamakan diriku masuk neraka yang harus bersinggungan dengan belenggu neraka dan apinya yang menyala-nyala, serta aku harus memakan buah zaqqum dan harus meminum airnya yang sangat mendidih. Maka aku katakan pada diriku, “Wahai diriku, jika demikian keadaannya, apa yang engkau inginkan ?” Diriku berkata, “Aku kembali kedunia saja melakukan amalan yang bisa menyelamatkan aku dari adzab yang seperti ini.”

Dan aku umpamakan diriku masuk surga, bersenang-senang bersama bidadarinya, akau pakai pakaian sutra halus dan sutra tebal, serta sutra (indah dan warna warni). Maka aku katakan pada diriku, “Wahai diriku, jika demikian keadaannya, apa yang engkau inginkan ?” Diriku berkata, “Aku kembali kedunia saja melakukan amalan yang dengan amalan itu bisa menambah pahala ini.”  Maka aku katakan, “Wahai diriku, sekarang ini engkau sedang didunia dan dalam keadaan sejahtera.”
DUA PENJAGAAN
Dua hal yang harus selalu dijaga oleh manusia, yaitu hati dan lisan.  Karena hati yang selamat akan selamat pula anggota badan lainnya, sehingga orang lain akan selamat dari sakitan dan gangguan tangan dan lisannya, serta selamat pula harta, jiwa, dan kehormatan orang, serta sedikit kejahatan dan kesalahan ditengah-tengah kehidupan.
إِنَّ لُقْمَانَ كَانَ عَبْدًا حَبَشِيًّا فَدَفَعَ إِلَيْهِ سَيِّدُهُ شَاةً وَقَالَ : اِذْبَحْهَا وَآتِنِي بِأَطْيَبِ مُضْغَتــَيْنِ مِنْهَا!. فَآتاَهُ بِاْلقَلْبِ وَاللِّسَانِ. ثُمَّ بَعْدَ أَيــَّامٍ آتاَهُ بِشَاةٍ أُخْرَى وَقَالَ لَهُ : اِذْبَحْهَا وَآتِنِي بِأَخْبَثِ مُضْغَتــَيْنِ مِنْهَا!. فَآتاَهُ بِاْلقَلْبِ وَاللِّسَانِ.  فَسَأَلَهُ سَيِّدُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ : هُمَا أَطْيَبُ شَيْئٍ إِذَا طَابَا وَأَخْبَثُ شَيْئٍ إِذَا خَبُثاَ.
“Sesungguhnya luqman adalah seorang hamba habasyah. Tuannya pernah menyerahkan kepadanya seekor kambing dan berkata, “ Sembelihlah kambing ini dan berikan kepada saya dua daging yang paling bagus!” maka luqman memberikan hati dan lidah. Kemudian setelah beberapa harituannya menyerahkan lagi seekor kambing yang lain dan berkata kepadanya, “ Sembelihlah kambing ini dan berikan kepada saya dua daging yang paling jelek!” maka luqman memberikan hati dan lidah. Bertanyalah tuannya kepadanya tentang dua daging itu, maka ia menjawab, “Dua daging itu daging yang paling bagus bila keduanya bagus, dan dua daging itu yang paling jelek jika keduanya jelek.”



TIGA KELEBIHAN
Setelah melaksanakan islam secara kaffah manusia boleh memilih amalan-amalan yang menjadi kelebihannya, misalnya bacaan al qur’an, kedermawanan dan lain sebagainya.
رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ أَنَّهُ قَالَ : حُبِّبَ إِلَيَّ مِنْ دُنْيَاكُمْ الطِّيْبُ وَالنِّسَاءُ وَجُعِلَتْ قُرَّتُ عَيْنِي فِي الصَّلاَةِ. وَكَانَ مَعَهُ أَصْحَابُهُ جُلُوْسًا.
Diriwayatkan dari Nabi shollallahu alaihi wasallam bahwasanya ia bersabda, “Dicintakan kepadaku dari duniamu minyak wangi dan wanita, serta dijadikan penyejuk mataku dalam shalat.” Pada saat itu para shahabat sedang pada duduk bersama Nabi shollallahu alaihi wasallam.
فَقَالَ أَبُوْ بَكْرٍ صَدَقْتَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَحُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنـــْيَا ثَلاَثٌ النَّظْرُ إِلَي وَجْهِ رَسُوْلِ اللهِ, وَإِنْفَاقُ مَالِي عَلَي رَسُوْلِ اللهِ, وَأنْ تَكُوْنَ ابْنَتِي تَحْتَ رَسُوْلِ اللهِ.
Maka menyahutlah Abu Bakr radiyallahu anhu, “Enkau benar hai Rasulullah shollallahu alaihi wasallam, dan dicintakan kepada saya dari dunia tiga hal; melihat wajah Rasulullah, menginfaqkan hartaku kepada Rasulullah, dan putriku dibawah Rasulullah.”
فَقَالَ عُمَرُ صَدَقْتَ يَا أَباَ بَكْرٍ وَحُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنـــْيَا ثَلاَثٌ اَلْأَمْرُ بِاْلمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيُ عَنِ اْلمُنْكَرِ وَالثـــَّوْبُ اْلخَلَقُ.
Maka menyahutlah Umar radiyallahu anhu, “Engkau benar hai Abu Bakar, dan dicintakan kepada saya dari dunia tiga hal; amar ma’ruf, nahyi munkar dan pakaian usang.”
فَقَالَ عُثـــْمَانُ صَدَقْتَ يَا عُمَرُ وَحُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنـــْيَا ثَلاَثٌ اِشْبَاعُ اْلجَيْعَانِ وَكِسْوَةُ اْلعُرْيَانِ وَتِلاَوَةُ الْقُرْآنِ.
Maka menyahutlah Utsman radiyallahu anhu, “Engkau benar hai Umar, dan dicintakan kepada saya dari dunia tiga hal; memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian orang yang telanjang, dan membaca al Qur’an.”
فَقَالَ عَلِيٌّ صَدَقْتَ يَا عُثـــْمَانُ وَحُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنـــْيَا ثَلاَثٌ الخِدْمَةُ لِلضَّيْفِ وَالصَّوْمُ فِي الصَّيْفِ وَالضَّرْبُ بِالسَّيْفِ.
Maka menyahutlah Ali karomallahu wajhuh, “Engkau benar hai Utsman, dan dicintakan kepada saya dari dunia tiga hal; melayani tamu, puasa dimusim panas, dan memukul dengan pedang.”
فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ إِذْ جَاءَ جِبْرِيْلُ وَقَالَ أَرْسَلَنِيَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَي لَمَّا سَمِعَ مَقَالَتــَكُمْ وَأَمَرَكَ أَنْ تَسْأَلَنِي عَمَّا أُحِبُّ إِنْ كُنْتُ مِنْ أَهْلِ الدُّنـــْيَا. فَقَالَ : إِرْشَادُ الضَّالِّيْنَ وَمُؤَانَسَةُ الغُرَبَاءِ القَانِتِيْنَ وَمُعَاوَنَةُ أَهْلِ الْعِيَالِ المُعَسِّرِيْنَ.
Ketika mereka berbincang-bincang, tiba-tiba malaikat jibril alaihis salam datang dan berkata, “Allah subhanahu wata’ala mengutus saya ketika Allah subhanahu wata’ala mendengar perbincangan kalian. Dan Allah memerintah kamu agar kamu menanyai saya tentang apa yang paling saya cintai jika saya menjadi penduduk dunia.” Kemudian jibril berkata, “Memberi petunjuk orang yang sesat, menghibur orang yang terasing karena taat dan menolong rakyat yang sedang keadaan sulit.”
وَقَالَ جِبْرِيْلُ رَبُّ العِزَّةِ جَلَّ جَلاَلُهُ يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ ثـــَلاَثَ حِصَالٍ : بَدْلُ اْلاِسْتِطَاعَةِ وَاْلبُكَاءُ عِنْدَ النَّدَامَةِ وَالصَّبْرُ عِنْدَ الفَاقَةِ.
Dan jibril alaihis salam berkata, “Demi Rabb yang Maha Mulia dan Agung, Allah mencintai hamba-Nya pada tiga keadaan; mencurahkan kemampuan, menangis dalam penyesalan, dan sabar diwaktu ada kebutuhan.”
EMPAT PILIHAN

اِخْتــَارَ أَحَدُ اْلحُكَمَاءِ أَرْبَعَ كَلِمَاتٍ مِنْ أَرْبَعِ كُتـــُبٍ :
مِنَ التـــَّوْرَاةِ          : مَنْ رَضِيَ بِمَا أَعْطَاهُ اللهُ اسْتَرَاحَ فِي الدُّنــْيَا وَالآخِرَةِ.
مِنَ اْلإِنــْجِيْلِ         : مَنْ هَدَمَ الشَّهَوَاتِ عَزَّ فِي الدُّنــْيَا وَالآخِرَةِ.
مِنَ الزَّبــُوْرِ          : مَنْ تَفَرَّدَ عَنِ النَّاسِ نَجَا فِي الدُّنـــْيَا وَالآخِرَةِ.
مِنَ اْلفُرْقَانِ            : مَنْ حَفِظَ اللِّسَانَ سَلِمَ فِي الدُّنــْيَا وَالآخِرَةِ.
Salah seorang ahli hikmah memilih empat kalimat dari empat kitab :
Dari Kitab Taurat               : Barangsiapa ridlo dengan apa yang diberikan Allah kepadanya, maka ia akan        memperoleh ketenangan di dunia dan akhirat.
Dari Kitab Injil    : Barangsiapa menghancurkan syahwat, maka ia akan memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat.
Dari Kitab Zabur                : Barangsiapa mandiri dari manusia, maka ia akan memperoleh keberuntungan di dunia dan akhirat.
Dari Kitab Al Quran          : Barangsiapa yang menjaga lisan, maka ia akan memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
LIMA KESEMPATAN
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَغْتــَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ            
“Waspadailah lima perkara sebelum datangnya lima perkara”
حَيَاتُكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
 hidupmu sebelum matimu”
 وَصِحَّتُكَ قَبْلَ مَرَضِكَ
“sehatmu sebelum sakitmu,”
وَفَرَاغُكَ قَبْلَ شَغْلِكَ
“waktu senggangmu sebelum waktu sibukmu,
 وَشَبَابُكَ قَبْلَ هَرَمِكَ
“masa mudamu sebelum tua,”
, وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ.
“masa kayamu sebelum kefakiranmu.”
ENAM KEWASPADAAN

وَقَالَ عُثـــْمَانُ أَنَّ اْلمُؤْمِنَ فِي سِتــَّةِ أَنــْوَاعٍ مِنَ اْلخَوْفِ :
أَحَدُهَا      : مِنْ قِبَلِ اللهِ تَعَالَي أَنْ يَأْخُذَ مِنْهُ اْلإِيْمَانَ.
وَالثـــَّانِي  : مِنْ قِبَلِ الحَفَظَةِ أَنْ يَكْتــُبُوْا عَلَيْهِ مَا يَفْتــَضِحُ بِهِ يَوْمَ الْقَِيَامَةِ.
وَالثـــَّالِثُ : مِنْ قِبَلِ الشَّيْطَانِ أَنْ يُبْطِلَ عَمَلَهُ.
وَالرَّابِعُ    : مِنْ قِبَلِ مَلَكِ اْلمَوْتِ أَنْ يَأْخُذَهُ فِي غَفْلَةٍ بَغْتــَةً.
وَاْلخَامِسُ  : مِنْ قِبَلِ الدُّنــْيَا أَنْ يَغْتــَرَ بِهَا وَتــُشْغِلَهٌ عَنِ الآخِرَةِ.
وَالسَّادِسُ  : مِنْ قِبَلِ اْلأَهْلِ وَاْلعِيَالِ أَنْ يَشْتــَغِلَ بِهِمْ فَيُشْغِلُوْنــَهُ عَنْ ذِكْرِ اللهِ تَعَالَي.
Dari Utsman Ibnu Affan radiyallahu anhu Ia berkata, “Sesungguhnya orang mukmin harus takut (waspada) terhadap enam macam :
Dari arah Allah subhanahu wata’ala, (jangan-jangan) Allah mengambil keimanan dari dirinya,
Dari arah Malaikat Penjaga, (jangan-jangan) malaikat menulis tulisan jelek yang memberatkan dirinya di hari kiamat,
Dari arah syetan, (jangan-jangan) syetan membatalkan amalnya,
Dari arah malaikat maut, (jangan-jangan) malaikat tiba-tiba mencabut nyawanya ketika ia sedang lalai,
Dari arah dunia, (jangan-jangan) dunia berhasil membujuknya dan menyibukkannya sehingga lupa akhirat.
Dari arah keluarga, (jangan-jangan) keluarga menyibukkannya sehingga ia sibuk lupa dzikir kepada Allah subhanahu wata’ala.
TUJUH DICEPATKAN
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda :
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم بَادِرُوْا بِاْلأَعْمَالِ سَبْعًا
“Bersegeralah kalian beramal (sebelum datangnya) tujuh perkara.”
هَلْ تَنْتــَظِرُوْنَ إِلاَّ فَقْرًا مُنْسِيًّا
“Bukankah kalian tidak menantikan kecuali kefakiran yang melalaikan,
أَوْ غِنًي مُطْغِيًا,             
“atau kekayaan yang menyebabkanmu melampaui batas”
 أَوْ مَرَضًا مُفْسِدًا
“atau sakit yang merusak,”
 أَوْ هَرَماً مُفْنِداً,
“atau usia tua yang melemahkan,”
 أَوْ مَوْتاً مُجْهِزًا,
“atau kematian yang sangat cepat”
 أَوْ الدَّجَّالَ فَشَرَّ غَائِبٍ يُنْتــَظَرُ,
“atau dajjal maka ia adalah seburuk-buruk makhluk ghoib yang ditunggu,”
 أَوِ السَّاعَةَ فَالسَّاعَةُ أَدْهَي وَأَمَرُّ.
“atau hari kiamat, maka hari kiamat itu adalah lebih besar bencananya serta paling pahit.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut